MENGGAGAS PENINGKATAN LITERASI MELALUI DOKUMENTASI INFORMASI
Abstract
Latar belakang : American Library Association (ALA) menyatakan bahwa seseorang memiliki keterampilan literasi informasi jika orang tersebut menyadari kapan memerlukan informasi dan mempunyai kemampuan untuk menemukan, mengevaluasi dan menggunakan secara efektif informasi tersebut. (ACRL. 2010) Di Indonesia istilah dokumentasi sering digunakan dalam arti yang sering berbeda dengan pengertian dokumentasi yang berlaku dalam dunia pengolahan informasi. (Djajuliyanto. 1990) Kemampuan literasi informasi akan membuat masyarakat menggunakan TI serta mendokumentasikan informasi dengan efektif dan relevan dengan kebutuhannya.
Tujuan:Tujuan Kegiatan adalah memberdayakan masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam mengakses serta menggunakan informasi secara efektif. Hal ini diharapkan dapat menciptakan perubahan positif dalam kemampuan membaca, menulis, dan memahami informasi di antara penduduk desa melalui dokumentasi informasi.
Metode:Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melalui pelatihan dan advokasi.
Hasil:Kegiatan pelatihan ini mampu meningkatkan pemahaman masyarakat. Kegiatan pelatihan ini dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan literasi melalui dokumentasi informasi di Desa Demangrejo telah memberikan hassil yang signifikan. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan Sumber Daya Manusia pengelola Perpustakaan serta peningkatan partisipasi masyarakat dalam aktivitas literasi menunjukkan keberhasilan program ini dalam mencapai tujuannya.